Home > News > Tim IOTANIC memenangkan Kompetisi Pertamuda Seed & Scale 2023

Tim IOTANIC memenangkan Kompetisi Pertamuda Seed & Scale 2023


Selamat! - Tim IOTANIC memenangkan Kompetisi Pertamuda Seed & Scale 2023 untuk kategori Early Stage Startup yang diselenggarakan pertamuda.id. Pertamuda.id merupakan ajang penjaringan talenta muda sebagai penggerak ekonomi bangsa.

Bermula dari ide untuk menyelesaikan permasalahan bagi petani untuk mengetahui kandungan nutrisi tanah supaya dapat melakukan pertanian dengan maksimal, tim Iotanic memenangkan pendanaan startup sebesar Rp. 100.000.000 dalam kompetisi pertamuda.id.

Inisiasi pengembangan startup tersebut berawal dari riset terapan yang diketuai oleh Dosen Sekolah Vokasi dalam melalui kompetisi yang diselenggarakan DIH UNS untuk skim Sebelas Maret Startup Academy (semesta) Bright Startup tahun 2023 berjudul Iotanic - Penerapan Systems Control Untuk Mendukung Smart Farming Berbasis IoT Dan LoRA Dalam Aplikasi Smart Agriculture.

Output dari hibah semesta tersebut salah satunya terwujud PT Iotanic Indonesia. Startup Iotanic merupakan Tim Kolaborasi riset dengan melibatkan mahasiswa D3 Teknik Informatika Sekolah Vokasi, mahasiswa dari Fakultas Pertanian dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Laman web https://iotanic.id/ merupakan official website dan tersedia fitur layanan dari startup Iotanic yaitu layanan pengukuran kandungan nutrisi tanah pertanian, pertanian hidroponik, prediks hama dan Edukasi pertanian.

Startup Iotanic beranggotakan dari mahasiswa D3 Teknik Informatika Sekolah Vokasi yaitu Rizky Joanditya Nur Iman (CEO), Rayhan Emillul fata (CTO), Ridho Fata Ulwan (Full Stack Devop), Novian Rizky Perdana (Machine Learning Developer) dan berkolaborasi dengan mahasiswa dari Fakultas Pertanian yaitu Mahdaviqia Dharmawan (Product Development officer) dan Denny Setiawan (Business Development Officer), sementara Muhammad Azhar (Staff Bussines Digital) merupakan mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis). Adapun Funding yang diperoleh dari pertamuda.id oleh tim Iotanic akan dipergunakan untuk pengembangan startup Iotanic di tahun 2024. 

Harapan dari Tim Iotanic dengan berkolaborasi dari berbagai bidang ilmu yang tergabung di startup iotanic tersebut dapat mewujudkan produk dan jasa layanan pertanian milenial untuk menghasilkan produk pertanian yang optimal.

 

#iotanic #d3tiuns #vokasiuns #unssolo #pertamuda #startup #pertanian #teknikinformatika