Home > News > Peningkatan Literasi Teknologi AR dalam Program PKM HGR-UNS Immersive

Peningkatan Literasi Teknologi AR dalam Program PKM HGR-UNS Immersive


(Surakarta, 21 Juli 2023) Bertempat di TK Adz Dzikru, tepatnya di Perumahan Fajar Indah, Jalan Melati XXI RT09/RW12 Desa Baturan Colomadu Karanganyar Jawa Tengah. Tim PKM-HGR Immersive D3TI Sekolah Vokasi UNS mengadakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema : Peningkatan Literasi Teknologi Aughmented Reality Pada Anak Usia Dini melalui Game Edukasi.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Ketua TIM PKM-HGR tentang pentingnya Literasi Teknologi kepada anak usia dini, sehingga akan memberikan panduan bagaimana menggunakan Smartphone untuk pembelajaran yang menarik. Acara dilanjutkan dengan penjelasan tentang teknologi AR kepada anak-anak dan guru-guru di TK Adz Dzikru. Setelah proses pemberian materi, maka langsung dilanjutkan dengan demo aplikasi dengan menggunakan kartu AR sebagai marker.

 Setiap marker akan memberikan visualisasi yang berbeda pada layar Smartphone, data-data yang ditampilkan adalah pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Dimana salah satu materinya adalah memberikan pengenalan nama-nama profesi, binatang, tumbuhan dan kebutuhan sehari-hari. Harapan dari aplikasi ini adalah memberikan kesenangan dan kenyamanan kepada anak-anak TK dalam melakukan pembelajaran.