Home > News > Pengabdian D3TI berupa Inovasi Museum Virtual Reality (VR) di LOKANANTA

Pengabdian D3TI berupa Inovasi Museum Virtual Reality (VR) di LOKANANTA


(Rabu, 09 September 2020) Bertempat di Studio Record Lokananta, Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi D3 Teknik Informatika, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret diselengarakan dengan judul “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mengenal dan Memahami Virtual Museum Lokananta Surakarta Sebagai Upaya Pelestarian Hasil Warisan Budaya”. Tujuan kegiatan tersebut untuk memperkenalkan dan sosialisasi salah satu hasil penelitian yang dilakukan dosen dan mahasiswa yaitu aplikasi Virtual Reality Museum Lokananta.

Tergabung melalui Riset Grup Immersive Ketua Kegiatan Taufiqurrakhman NH, S.Kom., M.Cs. secara simbolis menyerahkan aplikasi beserta alat dukung VR Museum Lokananta kepada pihak Lokananta Record. Aplikasi tersebut diterima dengan baik oleh Bapak Nugraha Andi Kusuma selaku Asesmen Pemasaran Lokananta Record Surakarta dan ditemani oleh Pak Sriyono dan Pak Anggit dibagian pemasaran Lokananta.

Harapannya dengan hadirnya aplikasi berbasis 4.0 tersebut dapat mengenalkan masyarakat mengenai keberadaan Lokananta sebagai tempat edukasi rekaman. Di kesempatan yang terpisah hadir pula Pak Bemby Ananto selaku Asesmen Produksi Lokananta Record Surakarta yang memberikan masukan akan kebutuhan di Lokananta yang dapat dikembangkan melalui kolaborasi dengan dunia akademik.

Pelaksanaan kegiatan tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan dan diikuti oleh masyarakat terbatas, mahasiswa dan alumni yang diwakili Sekjen KATIKOM Prodi D3 Teknik Informatika UNS. Dalam diskusinya Lokananta record sangat mengapresiasi penerapan inovasi teknologi apabila diterapkan di Lokananta Record. Bentuk kerja sama lanjutan untuk oengembangan inovasi dapat melalui kegiatan magang, riset tugas akhir dan pelaksanan webinar khususnya di masa pandemic ini.

Akhir kegiatan mahasiswa dipersilahkan untuk keliling mengenai ruangan produksi di Lokananta Record dengan harapan dapat muncul inovasi ide pada mahasiswa dan dapat dikembangkan lagi dalam sebuah aplikasi berbasis teknologi informasi.