Home > News > D3TI UNS Kembangkan VRET untuk Acrophobia Berbasis Game

D3TI UNS Kembangkan VRET untuk Acrophobia Berbasis Game


(Jumat, 05/11/2021) Tim Peneliti D3TI UNS telah mengembangkan Aplikasi Virtual Reality (VR) berbasis mobile game untuk Terapi Acrophobia (Fobia Ketinggian).

Menurut Ovide Decroly Wisnu Ardhi ST, M.Eng selaku ketua peneliti menyatakan bahwa proses pembuatan VR terapi fobia ketinggian melalui beberapa tahapan yang penting untuk tercapainya tujuan.

Langkah pertama adalah menentukan dan memilih tujuan spesifik yang disesuaikan dengan spesifikasi perangkat. Selanjutnya adalah menentukan tema Acrophobia  yang akan disimulasikan dalam model interaktif 3D. Pemilihan tingkat realisme, tingkat interaksi, pemilihan pemrograman, software, hardware sangat penting untuk keberhasilan pembuatan VR. Tahapan selanjutnya pemodelan 3D, pembuatan games, dan pengujian.

Aplikasi yang dikembangkan ini telah diserahkan kepada mitra yakni Kilinik Pratama Sehati di Surakarta sebagai partner penelitian dan pengabdian D3TI Sekolah Vokasi UNS. Game VRET diharapkan mampu digunakan dan terus dikembangkan lebih lanjut, tutur Yudho Yudhanto sebagai salah satu anggota peneliti dan tim pengabdi. Aplikasi ini dibuat dengan tim yang melibatkan beberapa dosen D3 Teknik Informatika dan juga mahasiswa Josua A Hutabarat.