Home > News > D3 Teknik Informatika UNS Berhasil Menggelar Konferensi Internasional APICS 2022

D3 Teknik Informatika UNS Berhasil Menggelar Konferensi Internasional APICS 2022


(SV-UNS)- Program Studi D3 Teknik Informatika SV-UNS berkerjasama dengan IEEE Indonesia Section menggelar konferensi Internasional bertajuk APICS 2022 (The 1st International Conference on Smart Technology, Applied Informatics, and Engineering) dengan tema “Driving Digital Transformations Toward Society 5.0 through Smart Technology and Artificial Intelligence” secara hybrid Selasa-Rabu (23-24/08/2022) di Kampus Sekolah Vokasi UNS.

Konferensi Internasional ini menghadirkan empat (4) pembicara utama; Pertama, Heri Prasetyo, S.Kom, M.Sc.Eng., Ph.D dari Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret, Surakarta dengan tema makalah : “Smart Technology on Content-Based Batik Image Retrieval Toward Society 5.0”. Dengan moderator bapak Agus Dwi Priyanto, S.S.,M.CALL dari Sekolah Vokasi UNS.

Kedua, Assoc. Prof. Nik Thompson dai Discipline of Business Information System School of Management and Marketing Curtin University, Australia dengan membahas tema : “Security and privacy challenges in smart society (Society 5.0)”

Ketiga, Assoc. Prof. Naoki Fukuta dari College of Informatics, Academic Institute Shizuoka University, Japan dengan judul makalah “Towards an Artificial Intelligence and IoT based application for Digital Industry”. Pemateri ke-2 dan ke-3 dimoderatori oleh Drs. Bambang Harjito, M.App.Sc.,Ph.D dari Fakultas MIPA UNS.

Sedangkan yang ke-empat adalah Assoc. Prof. Wei-Cheng Wang ( Research Center for Information Technology Innovation, National Cheng Kung University – (NCKU) Taiwan ) dengan judul makalah “Technological Innovation in Engineering for Facing the Era of Society 5.0” dengan moderator Dr. Eng. Herman Saputro, S.Pd., M.Pd., M. T dari Sekolah Vokasi UNS.

Dalam sambutannya, Ketua panitia APICS 2022, Hartatik, M.Si menyampaikan bahwa dalam penyelenggaraan konferensi yang pertama kali ini tidak hanya dihadiri dari kampus dalam negeri tetapi juga kampus dari luar negeri. Beliau juga menyampaikan terimakasih kepada semua elemen panitia, partner dan peserta dalam kegiatan APICS ini.

Didalam pembukaan hari pertama, Dekan Sekolah Vokasi UNS Santoso Tri Hananto, Drs., M.Si., Ak., menegaskan bahwa kegiatan APICS ini diharapkan menjadi konferensi Information Technology yang pertama di Sekolah Vokasi UNS, dengan lima tema Jurnal yakni : Big Data Analytics, Smart Technology, Immersive Technology, Information Systems dan General Topics for Engineers (Math, Science & Engineering). “Dalam konferensi ini dapat dilakukan dengan bertukar ide, pengetahuan dan inovasi dalam perkembangan teknologi terutama bagi sektor pendidikan, pemerintah dan industri,” tegasnya.Albertus Agung Yuwono, S.S., M.Hum as Master of Ceremony

Konferensi Internasional ini juga dibuka oleh Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S selaku Vice Rector for Academic and Student Affairs, Universitas Sebelas Maret. Beliau menyampaikan pentingnya inovasi, kolaborasi dan pengembangan tanpa batas pada hasil-hasil karya produk teknologi informasi sehingga mampu memberikan manfaat secara nyata kepada rakyat Indonesia.

Kegiatan APICS 2022 yang dilaksanakan selama 2 hari ini berlangsung secara offline dan online untuk sesi parallel session, dan hasilnya akan di publish di IEEE yang terindex scopus.

Sampai jumpa di Konferensi APICS yang ke-2 di tahun 2023 di Surakarta, Indonesia.