Home > News > Program SIE (Smart IT Education) Mewisuda 78 Siswa-siswi Angkatan ke-3

Program SIE (Smart IT Education) Mewisuda 78 Siswa-siswi Angkatan ke-3


Bertempat di SMA Negeri 1 Widodaren, Kamis 12 Mei 2022. Direktur SIE mewisuda siswa dan siswi program Smart IT Education (SIE) angkatan ke-3. SIE merupakan program kerjasama pendidikan antara Prodi D3 Teknik Informatikan SV UNS bersama SMA Negeri 1 Widodaren. Visi dari program ini adalah menyiapkan lulusan SMA/SMK siap memasuki DUDI, Perguruan Tinggi atau menjadi Technopreneur dengan kualitas skill teknologi informasi.

“Tahun 2022 ini Wisudawan/wati SIE angkatan ke-3 berjumlah 78 orang. Tahun sebelumnya yakni angkatan ke-2 meluluskan 77 orang dan angkatan ke-1 meluluskan 74 orang di tahun 2020. Ada sepuluh Materi yang wajib diterima siswa SIE selama 5 semester yakni mata kursus PTI, App Perkantoran, Internet, Jaringan Komputer, Dasar Pemrograman, Desain Grafis, Pemrograman Web, Video Editing, Short Movie dan Tugas Akhir (TA) atau Final Project.” Ujar Direktur SIE Bapak Fendi Aji Purnomo, S.Si, M.Eng.

Gbr. Sambutan Direktur SIE Bapak Fendi Aji Purnomo, S.Si, M.Eng.

Tugas Akhir yang diselesaikan siswa/siswi angkatan ke-3 ini adalah membuat berbagai Sistem Informasi sesuai tema yang dipilih dengan masa waktu 3-4 bulan dengan dibimbing dosen dari D3TI SV UNS dan Guru SMA N 1 Widodaren. Sidang Ujian dan presentasi TA diuji oleh tim dari UNS, Guru dan Praktisi IT.

Gbr. Wisuda dan penyerahan Sertifikat SIE kepada Peserta Angkatan 3 tahun 2022.

Acara wisuda ini berbarengan dengan kegiatan tahunan, yakni Acara pelepasan lulusan semua siswa-siswi kelas XII yang sudah menjadi Alumni. Acara ini dihadiri semua siswa, orangtua, guru, komite dan kepala sekolah disaksikan Bapak Camat, Tim dosen SIE dari UNS dan juga Bapak Supardi, S.H, M.Pd Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Madiun.

Gbr. Bapak Supardi, S.H, M.Pd Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Madiun beserta Kepala Sekolah SMA N 1 Widodaren

Didalam sambutan wisudanya beliau Kacabdin Pendidikan menyampaikan bahwa para siswa-siswi lulusan SMA plus SIE telah membuat profil lulusan SMA menjadi lebih berkualitas. Alumnni yang siap bekerja, menjadi wirausaha ataupun mampu melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi.

Sedangkan Bapak Sugiyo, Spd., M.M selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Widodaren menyampaikan apresiasi kepada seluruh siswa angkatan-3 dan seluruh tim penyelenggara SIE serta berpesan agar alumni mampu menerapkan ilmu dan keahlian yang didapatkan dalam program SIE dengan sebaik-baiknya.

Saat ini, program SIE sedang mendidik menjalankan untuk angkatan ke-4. Mentor dan pelatihnya melibatkan guru-guru. Semua guru telah dibekali dengan ToT (Training of Trainer) dan sertifikasi kompetensi yang diselesaikan sebelumnya bersama tim D3 Teknik Informatika UNS.